NEWS

Tips Merawat LCD Handphone

Kebutuhan ponsel atau telepon selular alias ‘handphone’ kini bukan lagi hal eksklusif, maka tak heran jika sebagian besar orang kini menggunakannya sebagai bagian dari kebutuhan hidup. Apalagi adanya fasilitas SMS memungkinkan komunikasi terjalin lebih ekonomis namun efektif.
Memakai ponsel memang perkara mudah, apalagi untuk ‘handphone’ yang masih baru. Namun demikian, salah satu kiat untuk menjaga keawetan ponsel anda adalah merawat LCD ponsel, yakni bagian dari ponsel yang digunakan untuk menampilkan data text dan gambar, yang sering dikeluhkan para penggunanya. Tips ini semoga dapat membantu anda agar lebih hati-hati menjaga LCD ponsel anda.

Pertama, jika anda membeli ponsel baru dan bergaransi, sebaiknya jangan buru-buru mengikuti trend mengganti lampu layar ponsel anda. Sebab hal ini akan membuat anda kehilangan garansi dari tempat anda membeli ponsel. Jika proses pemasangan lampu LCD dilakukan kurang rapi dan baik, bisa jadi anda akan rugi berganda. Selain ponsel anda jadi bakal rusak, LCD-nya belum tentu akan seperti semula, juga kehilangan garansi.

Kedua, dari pengalaman, ponsel yang telah melewati masa dua tahun apalagi lebih akan mengalami penurunan kemampuan pada LCDnya. Jika memang telah mulai terjadi ‘katarak’ alias makin kaburnya layar LCD anda, segera hubungi service resmi dan ganti LCD ponsel anda.

Ketiga, jangan terlalu sering ponsel anda terkena guncangan (kecuali pada tipe ponsel yang dirancang tahan goncang seperti pada merk tertentu), jika dibiarkan LCD akan mengalami kerusakan.

Keempat, Usahakan jangan sampai bagian LCD ponsel anda tertekan atau ditekan. Ini sangat penting. Jika sampai dalam kondisi tertekan, layar LCD akan mengeluarkan cairannya. Alhasil LCD ponsel anda akan mengalami blank.

Kelima, usahakan jangan sampai LCD ponsel anda terkena cahaya matahari langsung maupun terkena panas atau terkena suhu terlalu dingin, karena dapat mengurangi kinerja dan kualitas kristal cair pada LCD tersebut. (LCD = Layar Kristal Cair)
Keenam, Jika anda ingin mengganti casing, usahakan cari casing yang ukurannya pas benar dengan casing yang original. Jarak casing non original umumnya terlalu dekat dan cenderung menekan layar LCD ponsel. Jadi, perhatikan jarak casing depan dengan layar LCD anda.


Dua Headphone Unik

Kali ini, Genius, menghadirkan dua seri headphone terbarunya, GHP-04NC (Advanced Noise-Cancelling Headphones for Travelling) dan GHP-03B (Stylish clip-on headphones for MP3). Keduanya menawarkan feature yang cenderung berbeda namun tak kalah menarik

kye_04nc-3s1-pm

Genius GHP-04NC, Headphone dengan teknologi Noise Cancelling
Ingin menghilangkan gangguan suara saat Anda sedang mendengarkan musik? Genius GHP-04NC, dengan teknologi noise-cancelling dapat dengan mudah menghilangkan gangguan latar belakang suara dan membuat Anda merasakan nyaman pada saat berada di pesawat terbang, kereta maupun kereta, dan kendaraan lainnya.

Headphone ini menggunakan driver 40mm. Penutup telinga dapat berputar, sehingga dapat disesuaikan agar pas digunakan semua bentuk wajah dan spons ikat kepalanya yang lembut serta lapisan telinga yang terbuat dari kulit digunakan untuk waktu yang lama. Genius menjanjikan Anda dapat menikmati musik tanpa gangguan hingga 50 jam hanya dengan dua buah baterai Alkaline ukuran AAA. Untuk penyimpanan yang lebih praktis, GHP-04NC dapat dilipat kedalam tas kulit untuk bepergian. Headphone ini dirancang untuk menemani Anda bepergian.

Feature GHP-04NC:
* Headphone dengan pengurang gangguan suara, Acoustic Noise-Cancelling
* Design yang dapat diputar dan tas travel dari kulit
* Adapter penghubung dual-plug untuk ke berbagai sumber audio

Paket penjualan terdiri dari:
* Headphone noise-cancelling
* Adapter in-flight dual-plug
* Adapter stereo 6.3mm
* Dua baterai AAA
* Tas kulit untuk bepergian
* Buku panduan multi-bahasa

Harga GHP-O4NC adalah US$59.9
kye_ghp-03b-4

Genius GHP-03B
Genius menghadirkan GHP-03B, untuk membuat Anda dapat mendengarkan musik dengan headphone tanpa membuat rambut Anda berantakan. Dengan warna champagne-gold pada penutup telinga membuatnya tampil elegan. Headphone ini memiliki clip-on yang bisa diputar untuk menyesuaikan berbagai ukuran telinga dan membuat gaya rambut Anda terbebas dari gangguan headphone. GHP-03B menjanjikan suara sebening kristal. Untuk kemudahan, kabelnya yang dapat ditarik kembali mengurangi kemungkinan terjadinya kabel yang kusut dan membuat headphone ini mudah dibawa-bawa. Ditambah lagi kabel ekstra untuk kebebasan mendengarkan MP3 players, CD, PC atau perangkat suara lainnya.

Fitur GHP-03B:
* Headphone clip-on
* Kabel yang dapat ditarik kembali sepanjang 90 cm
* Kabel tambahan sepanjang 60 cm
* Unit driver berperforma tinggi 30mm
* Respon jarak jauh dan kaya akan suara bass

Spesifikasi:
* Frekuensi respon: 20Hz – 20KHz
* Impedansi: 32 ohm
* Sensitivitas: 112 ± 3 dB
* Max input: 5mW

Harga dari GHP-03B adalah US$19.9

Source: http://www.geniusnet.com

borch193

SDHC berkapasitas besar dari Kingston

Saturday, 27 Desember 2008

Kingston Technology Company, Inc., Mengumumkan kehadiran kartu memori Flash microSD High-Capacity (SDHC) 8GB dalam jajaran memori penyimpanan perangkat mobile. Hadir segera, kartu microSDHC 8GB yang menawarkan pilihan penyimpanan yang lebih baik untuk telepon selular terkini dan juga perangkat digital, tersedia dalam ukuran terkecil.

Kartu microSDHC 8GB dari Kingston mampu menyimpan lebih dari 1500 musik* digital, lebih dari 4000 gambar dari ponsel kamera 5MP**, atau video*** hingga 8 jam lamanya, sehingga secara mengejutkan melewati batas penyimpanan pada telepon selular yang tidak dilengkapi dengan slot kartu memori.

microsdhc_8gb2

Kartu microSDHC 8GB, dengan part number SDC4/8GB. Meskipun format microSDHC identik dengan ukuran fisik kartu microSD biasa, microSDHC hanya cocok digunakan dengan perangkat rumah microSDHC dan tidak cocok dengan perangkat atau pembaca microSD standar.

Spesifikasi microSDHC, antara lain:
Kapasitas: 8GB†
Dimensi: 0.43” x 0.59” x 0.039” (11mm x 15mm x 1mm)
High-Speed Class Rating: Class 4: 4MB/sec. kecepatan rata-rata transfer data
Temperatur beroperasi: -25C hingga 85C
Temperatur penyimpanan: -40C hingga 85C
Berat: 0.05 oz (1.4g)

Source: http://www.kingston.com/asia

borch193

Virus Komputer dan Antisipasinya

suarasurabaya.net| Apakah Virus Komputer Itu?

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup.

Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali. Sedangkan Worm/Cacing, tidak menginfeksi file data/program yang ada. Tetapi membuat duplikasi file/program yang ada untuk mengelabui user.

Sistem Operasi Komputer Apa Saja yang Bisa Terserang Virus Komputer?

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Servicepack 1, Windows XP Servicepack 2) bahkan GNU/Linux. Efek negatif virus komputer terutama adalah perbanyakan dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.

Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistim operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/GNU (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.

Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut.

Bagaimana Cara Mencegah Serangan Virus?

Virus Komputer dapat dikategorikan sebagai ancaman keamanan (security) PC / Jaringan Komputer, untuk keadaan tersebut tidaka ada sebuah produk keamanan di dunia ini yang berani menjamin 100% keamanan PC anda.

Mengutip pernyataan dari seorang pakar keamanan data, BRUCE SCHNEIER, bahwa “Security is a process not a product”. Maka ada beberapa langkah awal yang harus dilakukan pengguna komputer untuk mengamankan PC ataupun Data penting, yaitu:

  1. Back-up, Back-up & Back-up Data & Aplikasi penting anda. Ancaman kehilangan data tidak selalu karena virus, faktor lain adalah kerusakan media penyimpanan anda.
  2. Perbaharui (Update) Sistem Operasi (OS) atau Aplikasi (program) anda, Tidak ada produk buatan manusia yang sempurna, kemungkinan adanya Vulnerability atau Bug pada Software anda adalah pintu ancaman keamanan PC anda.
  3. Gunakan Personal Firewall, pada PC anda untuk mengetahui dan membatasi proses2 yang sedang berlangsung.
  4. Hati-hati menggunakan Mobile Storage (UFD), Di Indonesia, UFD adalah media penyebaran virus komputer terbesar. Di Kantor, Di Sekolah, Di Kampus, Di percetakan Digital dan di Internet Cafe adalah tempat-tempat strategis penyebaran virus.

Beberapa Ciri Khas Komputer Terkena Virus

Beberapa Ciri Khas komputer terinfeksi oleh virus adalah, sbb:

  1. Komputer menampilkan pesan-pesan aneh saat di booting atau berperilaku tidak wajar saat kita beraktivitas dengan PC.
  2. Folder Hilang, Data Hilang, Folder terduplikasi palsu, data terduplikasi palsu.

1

3.  Beberapa Fungsi windows di blok
4. Semua file ms.office mempunyai est. EXE/SCR dengan type file “Application” atau “Screen Saver”
5. Semua file office [ms.word] mempunyai ukuran yang sama dengan type file sebagai “Application” atau “Screen saver”.

2

Panduan Memilih Produk Antivirus

Ancaman malware terkini, baik virus dan spyware maupun ancaman virus lokal terhadap komputer di Indonesia yang akhir-akhir ini seringkali berhasil menembus perlindungan antivirus di jaringan komputer di Indonesia sekalipun sudah dilindungi produk antivirus terkenal membuktikan bahwa merek antivirus terkenal saja tidak cukup untuk melindungi komputer dari infeksi virus.

Kriteria Pemilihan Antivirus Yang Tepat

  1. Anggota Microsoft Antivirus Partner. (http://www.microsoft.com/security/partners/antivirus.asp)
  2. Anggota Microsoft Virus Information Alliance. (http://www.microsoft.com/security/partners/antivirus.asp)
  3. Anggota Asosiasi Vendor Antivirus Dunia, Virus Bulletin. (http://www.virusbtn.com)
  4. Memiliki Teknologi yang Unik digunakan oleh Microsoft untuk melakukan scanning terhadap semua produk MS sebelum dilepas ke end-user.
  5. Memiliki Teknologi yang unik yang dapat memberikan kemampuan pro-aktif mendeteksi malware baru (virus, worm, Trojan etc) tanpa terlalu bergantung pada update definisi (Pro-Active Detection).
  6. Kemampuan update otomatis Internet Update dan Update dari jaringan (Corporate Version) memberikan perlindungan dari virus terkini dengan usaha minimal.
  7. Support Lokal* memberikan kemampuan ekstra mendeteksi virus lokal dan menempatkannya sebagai salah satu produk antivirus yang paling cepat mendeteksi virus lokal (Virus in the Wild) yang menyebar dengan kecepatan tinggi dengan varian yang sangat banyak.

borch193

EULA, Perjanjian yang Selalu ‘Terlewat’ Terbaca

suarasurabaya.net| EULA (End User License Agreement) selalu muncul disaat kita akan melakukan instalasi produk software/program. Pilihannya, I Agree atau Disagree. I Accept atau Cancel.

Memilih I Agree/I Accept, berarti kita menyetujui semua pasal-pasal yang tercantum di dalamnya, sebaliknya jika memilih Disagree/Cancel berarti kita menolak dan tidak melakukan instalasi produk tersebut.

Mungkin dari awal sudah meniatkan diri menginstall produk tersebut, apapun konsekuensi di dalamnya seakan-akan kita tidak peduli. Mungkin tidak ada menariknya membaca klausul-klausul yang ada didalam EULA, toh mau tidak mau kita harus menerima.

Padahal ada satu kesamaan mendasar dari setiap EULA yang disodorkan kepada pengguna yang harus kita cermati. Kalimat tersebut adalah:
“… This software is provided ‘as-is’, without any express or implied warranties whatsoever. In no event will the authors, partners or contributors be held liable for any damages, claims or other liabilities direct or indirect, arising from the use of this software….”

Artian bebasnya, sebagai berikut: “… Perangkat lunak ini disajikan ‘seperti adanya’, tanpa menyatakan atau menyiratkan jaminan apapun juga. Dalam hal ini pengarang, mitra atau penyokong tidak dapat dipersalahkan untuk kerusakan apapun, mengakui atau kewajiban lain yang mengarahkan atau tidak langsung, yang ditimbulkan dari penggunaan perangkat lunak ini…”

EULA seperti ini sering kita temukan hampir pada semua software, baik Freeware (gratis), Shareware (Berbayar), baik yang Non-Propertiery maupun Propertiery.

Dengan kondisi seperti itu, sudah sepantasnya kita berhati-hati. salah satunya dengan melakukan back-up terlebih dahulu data-data penting kita sebelum melakukan instalasi software/program baru.(ipg)
borch193